Kamis, 21 Oktober 2010

Ketertarikan Mahasiswa Asing Study di Indonesia

Mahasiswa asing menilai indonesia penuh dengan budaya yang beragam (foto : Yanus Purwansyah).
            Keberagaman Indonesia ternyata bukan hanya menarik keindahan alamnya saja tetapi pendidikan pun saat ini telah banyak diincar oleh para peserta didik asing walaupun tidak semata-mata untuk belajar umum tapi juga ingin mengetahui lebih jauh tentang budayayang sangat beragam.Tak hanya Budaya yang menjadi daya tarik bagi mahasiswa asing, juga untuk masalah kuliner tidak diragukan lagi.namun apakah mahasiswa tersebut telah merasa nyaman layaknya di negara mereka asal? atau mereka telah menikmati kehidupan ala Indonesia?Naomi Kawasaki adalah salah satu Mahasiswa asing berasal dari jepang yang kuliah di UNS berpendapat bahwa kehidupan di Indonesiasangat menarik karena keramahan warganya, sistem pendidikan di Indonesia pun sebenarnya sudah cukup disiplin. "Saya kuliah disini karenaingin tahu tentang batik, walaupun disana sebenarnya sudah ada tapi Dosen di Jepang tidak tahu langsung lapangan, yang saya inginkan bisalangsung melihat sumbernya, ya ini saya ke Indonesia" jelasnya.
          Selama satu tahun lamanya di Indonesia Naomi tak merasa kesulitan dalam beradaptasi bahkan untuk masalah komunikasi tidakterlalu lama untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. "Kesulitan yang saya alami itu ketika belum bisa bahasa Indonesia yaitubahasa isyaratnya sedikit berbeda dengan bahasa isyaratnya jepang, apalagi perbedaan adab sopan santun yang sangat berbeda jauhyang terkadang membuat saya sendiri bingung, misalnya kalau di Jepang kalau duduk bersebelahan itu harus ada jarak sekitar cukup
untuk satu orang tapi kalau disini tidak bahkaan merapatpun tidak terlalu dipermasalahkan dan masih banyak lagi perbedaan yang lain" katanyaseraya memperagakannya.
Naomi sendiri suka dengan makanan khas jawa yaitu nasi pecel dan minumnya teh hangat pahit, dia juga merasa sangat senang sekalikarena mahasiswa pribumi menerimanya welcome tidak ada batasan. "Sebagian besar Mahasiswanya welcome, walaupun terkadang ada yangmalu-malu untuk menyapa, disini pun saya ingin memperdalam bahasa indonesia terutama bahasa bakunya karena saya punya rencana akan menjadi guru bahasa Indonesia di Jepang, disana peminatnya sangat antusias untuk belajar bahasa indonesia"tutupnya sembari menunjukkan logat jepangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar